Peluang Usaha Kecil-kecilan dengan Scrapbook

>> Senin, 09 Agustus 2010


Dear temans,

Saya mau share tentang ilmu Scrapbook yang saya dapat dari senior2 saya ya..:)
Mungkin beberapa di antara teman2 yg bertanya2 apa sih Scrapbook itu ? Gunanya untuk apa? Bagaimana bikin Scrapbook dsb. Sebelumnya sekilas, saya jelaskan bahwa Scrapbook ini adalah salah satu seni pengklipingan photo2, biasanya isinya tentang family history atau personal interest atau apa aja yang teman2 inginkan yang di hias dengan bermacam aksesoris biar tampilannya menarik. Karena isinya mengenai moment2 pribadi yg ingin kita arsipkan, tentu saja gunanya sebagai memorabilia yang mungkin akan kita berikan pada anak cucu kita, atau sesuatu yang ingin kita share dengan teman dan family yang tidak 1 kota dengan kita dalam album on line milik teman-teman.

Sekarang, bagaimana bikin Scrapbook?
Ada 2 cara, yang pertama adalah Manual Scrapbook. Yaitu, kita harus menyediakan kertas hias, lem, gunting, aksesories/embelishment. Bahan2nya bisa kita beli di toko2 craft. Dari situ kita mulai, menggunting, menempel pokonya sampai menjadikan scrapbook yang cantik sesuai keinginan. Tapi biasanya kita kekurangan waktu untuk membuat yang manual, ya kan? heheh..tapi hasil scrapbook yang manual ok banget :)

Cara yang ke dua adalah Digital Scrapbook (yang contohnya ada di album saya), yaitu scrapbook yang di buat dengan menggunakan software khusus, photosop, dll. Caranya bagaimana ? Padahal ga semua dari kita punya Photosop, jangan kuatir, kita bisa dapat free di sini : http://scrapbookflair.com/
Setelah mendownload software utk scrapbook, kita tinggal browsing untuk mendapatkan papers, embelishment, fonts, tags, ribbons, etc. Karena kita masih belajar, cari yang gratisan aja, banyak kok para scrapper yang bagi2in freebies buat bikin scrapbook. Salah satu link untuk mendapatkan freebies di sini : http://digifree.blogspot.com/ masih banyak website2 yg menyediakan freebies, teman-teman2 bisa browsing sendiri ya..:)

Setelah itu kita download deh elements2 utk bikin scrapbook, dan siap berkreasi. Gampang kan ? Pokoknya tinggal di susun aja yg mana urutan yg kita ingin munculkan pertama kali dan seterusnya.
Kebetulan saya baru saja dapat software photosop, jadi ada kesempatan belajar pakai photosop. Step2 pengerjaan scrapbook pada photosop sbb:

1. Aktifkan photosop, kemudian klik di menu file, pilih New. Pasti akan muncul kotak pertanyaan mengenai image size. Normalnya utk Scrapbook : 8X8 inc, 12x12 inch, tapi ini jg terserah teman2. dan untuk resolusi yang terbaik, untuk print adalah 300, dan untuk web share 72.

2. Pada menu file, klik Open. Terus kita ambil file paper di folder, kemudian aktifkan Move Tool, kemudian file paper kita drag masukan ke layer yg akan kita buat. Kemudian tekan ctrl T, untuk meng-adjust size paper di layer pertama kita tsb. akan muncul kotak2 kecil di sisi2 gambar, terus kita tarik kiri/kanan/atas bawah, atau dari kotak pojok kanan agar hasil gambar proporsional.

3. Klik Open lagi pada menu file, buka file photo yg akan kita masukan, caranya sama dengan langkah No.2

4. Klik Open lagi, ambil embelishment, tags, ribbon, etc. Cara sama dengan langkah no. 2

5. Nanti akan kita dapati banyak layer di kotak kerja sebelah kanannya. Setelah itu kita susun urutan2 layernya agar jadi susunan yang rapi dan cantik.

6. Setelah beres urusan susun menyusun, baru deh kita tambah Text. Klik Text tool di panel kiri, kemudian kita ketik2 deh kata2nya.

7. Kalau kita masih ingin merubah komposisi pada file PSD, kita simpan deh as PSD. Tapi kalau sudah fix, kita Save as JPEG, sblmnya klik menu Layer, terus pilih Flatten Image.

8. Done! Tinggal di share di web atau di print kemudian di pigura..

Mudah bukan...? ^_^
Selamat berscrapbook...Nanti share ya hasilnya..

Maaf, ini bukan tutorial yang sempurna, soalnya saya juga masih 'hijau' bgt dalam per-scrapbook-an dan photosop hehehe...ini link yang lebih ok : http://www.digitalscrapbookplace.com/university/tutorials/pscs3_firstlayout_ag/pscs3_firstlayout_ag.shtml

1 komentar:

Anonim 13 Juni 2012 pukul 07.58  

Artikelnya menarik
Numpang baca n copy artikelnya... buat keperluan pribadi aja, tks

Recent Comments

Pengikut

  © Blogger template Autumn Leaves by Ourblogtemplates.com 2008

  © Modified by BHIEMOTION Bhiema

Back to TOP